SMK BISA!!

+++++++++++

********

animasi blog
Sekolah Berprestasi!!!!

6 Karakter!!!!

http://www.sch-id.net/admin/galeri/f4664_karakter.gif

Live Traffic Feed

Pengunjung

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sistem Pembelajaran

Oleh Admin 21-12-2014 09:45:27

Sekolah Kejuruan pada sistem pembelajaran, sedikit berbeda dengan Sekolah Umum.  Sekolah kejuruan menerapkan pembelajaran khusus  bagi para siswanya. Kekhususannya tersebut terkait dengan materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik.  Di dalam proses pembelajaran di sekolah kejuruan, materi pelajaran dibagi atas tiga aspek dasar yaitu normatif, adaptif, dan produktif.

Aspek normatif memberikan pembelajaran nilai-nilai positif di dalam kehidupan, aspek adaptif memberikan pembelajaran ilmu pengetahuan yang dapat diadaptasi dalam  kehidupan, dan aspek produktif memberikan pembelajaran keterampilan yang memungkinkan anak didik untuk menciptakan , mengembangkan atau memodifikasi  item/barang-barang yang terpakai di dalam kehidupan.

Sehingga  dengan demikian, maka secara esensial kita dapat mengatakan bahwa pembelajaran di sekolah kejuruan memungkinkan untuk terlaksananya pembekalan keterampilan pada para siswa. Keterampilan inilah yang merupakan perbedaan utama antara sekolah kejuruan dengan sekolah umum.

Dan, kenyataannya, lulusan sekolah kejuruan lebih dapat survive di dalam kehidupannya dibandingkan anak lulusan sekolah umum. Sebab mereka mempunyai bekal keterampilan yang dapat dijadikan sebagai pekerjaan tanpa harus mencari pekerjaan.

Inilah sesungguhnya hal  esensial dari eksistensi sekolah kejuruan, yaitu mempersiapkan anak didik sebagai tenaga kerja siap melaksanakan tugas kehidupan di masyarakatnya. Anak-anak lulusan sekolah kejuruan mempunyai keterampilan yang didapatkan dari pembelajaran praktik di bengkel /ruang praktek di sekolah dengan berbagai pekerjaan yang mengacu pada pekerjaan yang umumnya dilakukan di masyarakat.